Selasa, 20 Desember 2016

April 2014, Day 3, Ueno Park, Akihabara, Asakusa, Odaiba

8 April 2014

Kemarin sudah puas mengunjungi daerah Barat Tokyo (Shinjuku, Shibuya, Harajuku, Omotesando).


Hari ini kita nyebrang ke daerah Timur Tokyo, Ueno, Asakusa, Akihabara, dan lanjut ke Odaiba. Daerah sini semua berdekatan jadi bisa sejalan.

Dari hotel di Ikebukuro, naik kereta JR Yamanote langsung ke stasiun Ueno. Stasiun Ueno luas dan designnya unik, masih ada kesan tradisionalnya. Turun kereta langsung ikuti petunjuk arah ke Ueno Park exit.

Ueno Park

Ueno park ini salah satu taman favorit orang Jepang buat sakura hanami. Pohon sakura banyak banget di sepanjang jalan dan penuh orang. Sayangnya kali ini datangnya terlambat, kebanyakan sakura sudah rontok, jadi gagal deh piknik di bawah pohon sakura.

Ueno Park. Sakura sudah rontok :(
Taman Ueno luas banget, sebenarnya bisa aja main seharian di daerah Ueno. Ada Ueno dobutsuen (Kebun binatang), masuknya murah cuma 600 yen. Lumayan luas dan bagus. Maskotnya ada Panda dari China, dan juga disini ada red panda, binatang kayak musang tapi cute banget.

Selain kebun binatang, ada juga science museum yang menarik banget. Karena kali ini tujuannya cuma buat piknik, kita skip dulu.

Dari taman, kita nyebrang jalan ke daerah Ameyayokocho (Gang permen). Disini kayak pasar tradisional seperti pasar baru di jakarta. Jaman dulu katanya banyak jual permen. Tapi sekarang jual macem2 barang yg jauh murah dibanding mall, jajanan dsb. Gak jauh dari sini, di pinggir jalan ada 1 gedung mainan yang super lengkap namanya Yamashiroya (mirip kayak kiddy land di omotesando kemarin). Mau cari mainan atau action figure dsb lengkap

Ameyayokocho

Akihabara

Dari Ueno, lanjut naik kereta ke Akihabara, pusatnya barang elektronik dan anime di Tokyo. Kebanyakan murid2 saya pinginnya jalan kesini. Buat yang demen elektronik atau anime, disini surganya. Toko2 disini jual merchandise anime, action figure lengkap. Ada gedung Yodobashi Camera terbesar di Tokyo disini. 8 lantai penuh barang elektronik dan aksesoris.. Bisa berjam2 belanja

Menurut saya sih nothing special (soalnya gak demen anime ^^). Kalau gak lagi anterin temen, biasanya males kesini, soalnya barang2 disini juga sebenarnya ada banyak di tempat lain seperti Shinjuku, Ikebukuro, atau Nakano broadway

Disini juga ada AKB48 cafe, dan Gundam Cafe. Buat para fans, wajib banget dateng kesini
Calon member AKB 48

Asakusa, Sensoji

Sensoji, kuil di Asakusa ini kayaknya kunjungan wajib tiap turis yang ke Tokyo ^^. Harus foto di depan lampion merah di gerbang kuil ini. Dari Ueno atau Akihabara bisa naik subway ke Asakusa, gak jauh.

Di gerbang pertama kuil, Kaminari-mon, ada lampion merah besar. Foto dulu disini. Rame banget disini isinya kebanyakan turis. Masuk gerbang, kita lewatin Nakamise-dori, jalanan menuju kuil yang kiri kanan semua toko suvenir dan jajanan buat turis. Seru banget disini bisa hunting barang2 unik.

Sebelum masuk ke komplek utama kuil lewati lagi pintu gerbang dengan lampion merah, Hozomon Gate
Hozomon Gate
 
Di sekitar lingkungan kuil juga banyak yatai (kios2 jajanan seperti yakisoba, yakitori dsb). Kuil ini lebih berasa buat atraksi turis, jadi gak begitu terasa sakralnya seperti di Meiji Jingu

Nakamise-dori
Add caption
 Seperti di kuil2 lain, disini kita bisa coba ramal nasib. Cukup bayar 100 yen. Kocok tabung berisi semacam sumpit yang ada nomornya. Satu sumpit bakal keluar dari lobang kecil tabung, tukar sumpit itu dengan kertas ramalam (Omikuji). Biasanya tulisan semua jepang, tapi karena disini banyak turis, ada terjemahan inggrisnya koq.

Kalau ramalannya baik, bisa dibawa pulang. Tapi kalau ramalannya jelek, jangan dibawa pulang, ikat omikuji di tempat yang disediakan, jadi kita buang nasib buruknya disana.

Kuil ini gabungan Budha dan Shinto, banyak gedung dan objek2 menarik buat difoto. Kalau sudah capek, bisa santai sambil jajan macem2 di sekitar kuil.

Odaiba

Satu lagi tempat favorit saya di Tokyo. Odaiba ini pusat hiburan & shopping yang termasuk masih baru. Dibangun di pulau buatan di pinggir Tokyo. Ada 4 mall besar disini. Selain mall, ada Fuji TV building, Toyota mega web (showroom toyota terbesar), beberapa museum, onsen themepark (Oedo Onsen Monogatari)

Kalau punya banyak waktu di Tokyo, bisa seharian main disini. Ada banyak entertainment, sega joypolis yg gamenya keren2, Legoland, Madame Tussaud museum, sampai mall-nya juga banyak jual souvenir unik.

Dari Asakusa, bisa naik perahu langsung ke Odaiba, sekitar 50 menit. Ada beberapa pilihan perahu dari yang biasa aja sampai ke yang futuristik macam spaceship. (Hotaluna). Bisa cek infonya di sini
Sudah lama pingin naik perahu hotaluna ini belum kesampean, akhirnya di 2016 cobain juga. Tunggu post berikutnya ya!

Kali ini kita gak naik perahu ke Odaiba. Dari Asakusa naik kereta ke Shimbashi (JR Yamanote Line), lalu pindah naik monorel Yurikamome. Yurikamome ini monorel yang masih baru dibikin, khusus buat ke daerah Odaiba. Keretanya keren gak ada supirnya. Kalau duduk di paling ujung, bisa serasa jadi supir keretanya. Sepanjang jalan pemandangannya bagus, lewatin Rainbow Bridge, jembatan menuju Odaiba. Tapi ongkos keretanya termasuk paling mahal buat dalam kota tokyo, 380 yen sekali jalan.

New York ?


Turun di stasiun Daiba, jalan kaki sedikit ke Aquacity, tempat shopping. Di lantai atas ada 1 komplek khusus jual souvenir. Harga kayaknya sedikit lebih mahal dibanding tempat lain, tapi disini lengkap dan banyak yg unik.Gak jauh dari mall, ada taman tempat patung liberty yg sering orang foto2.. Gak ngerti juga kenapa bisa ada patung liberty nyasar kesini. Dari teras aquacity ini bisa foto2 pemandangan luar, malem2 mesti ambil foto background Rainbrow bridge disini, bisa kelihatan Tokyo Tower juga di kejauhan. Keren banget

Rainbow Bridge

Di samping mall ini ada shopping center lain namanya Decks. Di sini ada Legoland, Madame Tussaude museum, Trick Art, dan Takoyaki Museum.

Kita cobain ke Takoyaki Museum. Tapi jauh banget sih dari harapan. Lebih kayak foodcourt tema takoyaki gitu. Waktu kita dateng sepi banget hampir gak ada orang. Akhirnya gak jadi makan disini.

Maskot Takoyaki Museum
Di belakang dua mall ini, ada 1 mall Diver City. Jalan kaki paling 15 menit udah sampe. Mall-nya sih standard aja kayak mall lain. Di bawah ada food court besar. Nah keluar dari foodcourt, disini ada patung Gundam real size yang gede banget itu. Wajib buat foto disini. Denger2 gak lama lagi udah mau dipindah ya.

Banyak banget yang bisa dilakuin di Odaiba. Masih ada 1 mall lagi Venus Fort, banyak tempat belanja baju dsb. Di sampingnya ada Toyota Megaweb. Showroom toyota yang besar banget. Pengunjung bisa test drive atau coba fitur2 canggih mobil disini.

Pulang dari Odaiba sudah malem & capek banget. Perjalanan terasa panjang, balik naik Yurikamome monorail ke Shimbashi, lalu tukar kereta JR Yamanote ke hotel di Ikebukuro.

Istirahat lanjut buat perjalanan besok pagi, ke kota Yokohama ^^


Lanjut ke post berikutnya ~

Kunjungi website Evergreen untuk informasi kursus bahasa Jepang di Jakarta, atau sekolah bahasa di Jepang








Tidak ada komentar:

Posting Komentar